Sebanyak 479.681 pemilih yang ditetapkan KPU Kabupaten Lombok Barat melalui rapat pleno secara daring bersama Bawaslu Kab. Lombok Barat dan sejumlah perwakilan dari Partai Politik. divisi perencanaan, data dan informasi KPU Lombok Barat, Mashur, S.T., M.M menyebut jumlah pemilih tersebut terdiri dari 238.917 pemilih laki-laki dan 240.764 pemilih perempuan.

Menurunnya angka pemilih di kabupaten Lombok Barat dikarenakan sebanyak 67 pemilih masuk dalam kategori TMS atau tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia. Sementara pemilih baru hanya berjumlah 6 pemilih karena telah berusia 17 tahun.

Minimnya perubahan data pemilih di Kabupaten Lombok Barat salah satunya disebabkan karena KPU Kab. Lombok Barat tidak mendapatkan data penduduk dari dinas Dukcapil Kab. Lombok Barat. Hal tersebut terjadi karena edaran dari direktorat jenderal dukcapil kemendagri RI tentang pembatasan pemberian data penduduk. Proses pemutakhiran yang dilakukan KPU Kab. Lombok Barat dilakukan dengan mengoptimalkan kinerja KPU dengan giat mendatangi kepala dusun, RT, RW serta melakukan koordinasi dengan TNI/polri serta membuka layanan masukan masyarakat.

%d blogger menyukai ini: