Memasuki awal tahun 2021 atau tepatnya hari rabu tanggal 10 Februari 2021,  KPU Kabupaten Lombok Barat melakukan rapat Pleno penetapan daftar pemilih berkelanjutan untuk bulan Januari 2021. Pelaksanaan rapat pleno ini,  sesuai dengan edaran KPU Republik  Indonesia  Nomor  :  181/PL.02.1 – SD/01/KPU/II/2020 tanggal 28 Februari 2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Secara Berkelanjutan. Rapat pleno dilakukan secara daring guna mengikuti protocol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang masih tinggi tingkat penyebarannya.

Dalam rapat pleno yang dibuka Komisioner KPU Kabupaten Lombok Barat pada pukul 09.30 WITA tersebut di hadiri oleh Bawaslu Kabupaten Lombok Barat dan sejumlah pengurus partai politik yang ada di Kabupaten Lombok barat.

Berdasarkan pemutakhiran yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Lombok barat selama Januari 2021 Terdapat 4 pemilih baru yang telah memenuhi syarat untuk dimasukkan sebagai pemilih dan 72 pemilih yang dikeluarkan dari daftar pemilih KPU karena tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia.

Minimnya data yang didapatkan KPU Kabupaten Lombok Barat dikarenakan pemutakhiran yang dilakukan masih terbatas pada pegawai dan staf KPU Lombok barat dengan basis wilayah tempat tinggal. Dimana pegawai dan staf KPU mencatat warga yang masuk maupun keluar wilayah tempat tinggal mereka, aktif atau purna menjadi TNI/Polri, serta serta adanya warga meninggal di sekitar tempat tinggal mereka.

Pelibatan Instansi dan Dinas terkait terus di upayakan KPU Kabupaten Lombok Barat guna mendapatkan daftar pemilih yang lebih luas dan akurat. Namun demikian sejumlah aturan masih menjadi kendala. Dinas Dukcapil misalnya, adanya aturan terkait pemberian data penduduk hanya kepada daerah yang melakukan pemilihan menjadikan KPU Kabupaten Lombok Barat hanya mendapatkan pemilih yang meninggal dunia saja. Sementara pemilih baru, pemilih keluar wilayah Lombok Barat maupun pemilih yang masuk menjadi warga Lombok Barat tidak didapatkan. Meski demikian, upaya lain seperti melakukan koordinasi dengan TNI/Polri, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan lainnya tetap dilakukan KPU Kabupaten Lombok Barat agar pemutakhiran data pemilih yang lebih baik. KPU Kabupaten Lombok Barat juga berharap masyarakat dapat berperan aktif untuk memberikan informasi jika mengetahui ada penduduk yang telah memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat sebagai pemilih untuk dilaporkan.

%d blogger menyukai ini: